Logo Bloomberg Technoz

Kecenderungan China untuk memuji caranya sendiri dalam melakukan sesuatu diperkuat ketika ketegangan antara dua ekonomi terbesar dunia itu melonjak. 

Kedua negara baru-baru ini berdebat atas tuduhan balon mata-mata terbang di atas AS, dan atas upaya Washington untuk memblokir China dari mendapatkan teknologi cip canggih, yang sebagian ditujukan untuk memperlambat modernisasi militer Beijing.

Artikel Xinhua juga mengatakan bahwa negara-negara di seluruh dunia sedang “menanggung biaya” akibat runtuhnya bank-bank AS karena krisis telah memperburuk tekanan pada bank sentral untuk menjaga stabilitas keuangan.

Pejabat di Bank Rakyat China (POBC) bertemu pada Rabu untuk mengatasi kekhawatiran seputar stabilitas keuangan. Bank sentral berjanji untuk "mengelola laju perpanjangan kredit dengan baik", memastikan pertumbuhan kredit tetap "wajar", dan melakukan yang terbaik untuk menstabilkan pertumbuhan, lapangan kerja, dan harga.

Dengan gejolak pasar keuangan global, PBOC berjanji untuk memperkuat sistem keuangan untuk memastikan stabilitas dan meningkatkan rencana darurat.

CGTN, media Pemerintah China berbahasa asing, juga menyoroti masalah di Silicon Valley Bank dan Signature Bank. Dilaporkan bahwa jajak pendapat daring menemukan lebih dari 90% responden mengatakan mereka percaya pengawasan pemerintah AS terhadap sistem keuangan "praktis tidak memiliki fungsi."

Jumlah yang sama mengatakan bahwa "keruntuhan bank yang berkelanjutan akan meningkatkan ketidakpercayaan investor terhadap bank dan lembaga keuangan AS."

(bbn)

No more pages