Logo Bloomberg Technoz

Pertama dalam 18 Bulan, Harga Rumah China Naik Setelah Stimulus

News
16 March 2023 15:31

Pembangunan Properti di Beijing (Sumber: Bloomberg)
Pembangunan Properti di Beijing (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News  

Bloomberg, Upaya Pemerintah China untuk menyelamatkan pasar properti tampaknya mulai membuahkan hasil. Hal itu tecermin dari harga rumah baru di China yang naik pada Februari 2023, untuk pertama kalinya dalam 18 bulan.

Biro Statistik Nasional China (NBS) melaporkan pada Kamis (16/03/2023), harga rumah baru di 70 kota naik 0,3% pada Februari setelah bulan sebelumnya stagnan. Di pasar properti rumah sekunder, harga rumah naik 0,12%, mengakhiri penurunan 18 bulan berturut-turut.

Harga Rumah di China Alami Kenaikan (Sumber: Bloomberg)

Dalam upayanya untuk memulihkan krisis properti, Pemerintah China meningkatkan dukungan keuangan untuk pengembang yang mengalami kesulitan dan melonggarkan batas hipotek di sejumlah kota. Krisis akut tersebut terjadi setelah aturan keras pemerintah yang memicu perusahaan properti mengalami gagal bayar obligasi dan adanya pembatasan pembelian rumah.

Tanda-tanda pemulihan lainnya dapat dilihat dari kenaikan penjualan pada Februari yang terjadi untuk pertama kalinya dalam 20 bulan. Nilai penjualan rumah baru oleh 100 pengembang real estat terbesar China naik 15% dari tahun sebelumnya, menjadi 461,6 miliar yuan (US$ 67 miliar atau Rp 1.032 triliun), menurut data Februari China Real Estate Information Corp.

Penjualan Rumah China Hentikan Kemerosotan (Sumber: Bloomberg)