Logo Bloomberg Technoz

Alibaba Berburu AI, Suntik Dana Rp9,4 T ke MiniMax

News
05 March 2024 18:00

Alibaba. (Dok: Bloomberg)
Alibaba. (Dok: Bloomberg)

Jane Zhang - Bloomberg News

Bloomberg, Alibaba Group Holding Ltd memimpin putaran pendanaan setidaknya US$600 juta (Rp9,4 triliun) untuk startup AI asal China, MiniMax, sebagai kesepakatan terbesar kedua mereka di bidang ini tahun ini. Seiring dengan upaya mereka menyalurkan modal guna mengejar pertumbuhan.

Menurut sumber, perusahaan berusia dua tahun tersebut telah mendapat dana dari Alibaba dan investor lain dengan valuasi lebih dari US$2,5 miliar (Rp39 triliun). Penggalangan dana masih berlangsung. Namun, Alibabab dan HongShan, sebelumnya Sequoia China, telah berkomitmen untuk pendanaan tersebut. Persyaratan terkait kesepakatan masih bisa berubah karena negosiasi dengan lebih banyak investor sedang berlangsung.

Alibaba bergabung dengan rekan-rekannya di Silicon Valley seperti Microsoft Corp yang bertaruh besar pada AI generatif, teknologi yang mendukung ChatGPT. Seperti laporan Bloomberg News sebelumnya, mereka memimpin putaran pendanaan sebesar US$1 miliar dalam beberapa bulan terakhir di Moonshot AI, meningkatkan valuasi startup berusia satu tahun itu juga menjadi sekitar US$2,5 miliar. 

Kesepakatan berturut-turut ini menunjukkan bagaimana Alibaba ingin bertaruh pada pemimpin potensial di masa depan dalam kecerdasan buatan atau AI, bahkan jika mereka tidak selalu selaras. MiniMax, yang didirikan oleh veteran dari spesialis computer vision SenseTime Group Inc, bersaing dengan Moonshot dalam mengembangkan layanan seperti ChatGPT.