Logo Bloomberg Technoz

Mal Masih Akan Ramai Saat Ramadan, Kunjungan Diramal Naik 20%

Pramesti Regita Cindy
05 March 2024 12:30

Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan Grand Indonesia di Jakarta. (Rony Zakaria/Bloomberg)
Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan Grand Indonesia di Jakarta. (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan pelaku industri pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia akan mengoptimalkan persiapan mereka menjelang Ramadan dan Idulfitri tahun ini, dengan harapan tingkat kunjungan akan meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Pusat Perbelanjaan optimistis rata-rata tingkat kunjungan pada saat Ramadan dan Idulfitri tahun ini akan lebih tinggi dari tahun lalu, diperkirakan akan terjadi peningkatan sekitar 15%—20%," jelas Alphonzus saat dihubungi, Selasa (5/3/2024).

Salah satu faktor utama yang memengaruhi optimisme ini adalah kondisi politik pascapenyelenggaraan Pemilu 2024 yang menurutnya relatif kondusif, dan diharapkan dapat dipertahankan hingga periode Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah. 

Alphonzus juga menjelaskan, sebagaimana bagian dari strategi rutin mereka, pusat perbelanjaan juga telah menyiapkan berbagai aktivitas, kegiatan, dan acara yang berkaitan dengan Ramadan dan Idulfitri.

Acara-acara ini mencakup hiburan, kegiatan keagamaan, dan kegiatan kebudayaan yang memperkaya pengalaman belanja selama bulan suci Ramadan. "Serta berbagai program promo belanja yang mana salah satunya adalah diskon belanja." 

Warga berbelanja saat Festival Jakarta Great Sale di salah satu mall di Jakarta, Jumat (23/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)