Logo Bloomberg Technoz

"Ekspektasi mungkin terlalu tinggi bahwa dua sesi di Maret akan menghasilkan stimulus kebijakan yang besar," kata Erica Tay, ekonom di Maybank Securities, dalam sebuah tanggapan survei. "Para pembuat kebijakan mungkin akan mengumumkan target-target pertumbuhan yang ambisius, namun perekonomian tetap terbebani oleh kelebihan kapasitas dan kemerosotan properti."

China kemungkinan akan menjalankan defisit anggaran yang lebih kecil yaitu 3,28% dari PDB tahun ini, sementara meningkatkan penerbitan obligasi pemerintah baru lebih dari 20%, menurut para ekonom yang disurvei Bloomberg.

Kuota untuk penerbitan obligasi pemerintah daerah diperkirakan tidak akan berubah, yaitu sebesar 4 triliun yuan (US$556 miliar). Target untuk tingkat pengangguran perkotaan yang disurvei juga kemungkinan akan tetap pada 5,5%.

Pemerintahan Presiden Xi Jinping masih menghadapi banyak sekali masalah struktural, termasuk krisis properti yang berkepanjangan dan deflasi yang membandel. Data terbaru menunjukkan pemulihan yang tidak merata di negara dengan perekonomian nomor dua di dunia ini: Kemerosotan dalam penjualan rumah di negara ini berlarut-larut dan aktivitas pabrik menyusut selama lima bulan berturut-turut di Februari, sementara perjalanan dan pariwisata meningkat selama liburan panjang baru-baru ini.

(bbn)

No more pages