Logo Bloomberg Technoz

Profil Haji Isam, Bos Jhonlin Group yang Viral Beli Jet Pribadi

Mis Fransiska Dewi
29 February 2024 16:50

Minyak kelapa sawit mentah./Bloomberg
Minyak kelapa sawit mentah./Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nama pengusaha asal Batulicin, Kalimantan Selatan, Andi Syamsuddin Arsyad atau yang akrab disapa Haji Isam tengah ramai diperbincangkan di media sosial karena pernah membeli pesawat Boeing Business Jet Max 7 seharga US$88,7 juta atau setara Rp1,5 triliun hanya dengan mengenakan kaos oblong.

Sebelumnya Haji Isam memang pernah membeli unit Boeing Business Jet Max 7 melalui salah satu perusahaan miliknya, Seacons Trading Ltd pada 17 Juli 2018. Informasi ini disampaikan langsung oleh Boeing melalui laman resmi perusahaan.

"Kami senang Seacons Trading telah memilih kemampuan BBJ MAX yang terbaik di kelasnya," kata Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran Komersial Boeing, Ihssane Mounir dalam siaran persnya kala itu.

Lalu, siapa Haji Isam Kalimantan yang fotonya viral beli pesawat?

Laki-laki yang lahir pada 1 Januari 1977 ini cukup dikenal khususnya di wilayah selatan Kalimantan karena membangun perusahaannya dari nol hingga sukses menjadi konglomerat. Dikatakan, bahawa dia awalnya merintis usaha sebagai seorang pekerja di sektor perkayuan, dia mulai dari posisi paling bawah yaitu tukang tebang hingga sopir angkutan.