Logo Bloomberg Technoz

Harga Naik Sudah 3 Kali Lipat, Saham CUAN Masuk UMA

16 March 2023 10:08

Pelajar berbincang di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pelajar berbincang di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) terus mengalami kenaikan tidak wajar hingga Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan persersoan masuk kategori Unusual Market Activity (UMA).

Petrindo Jaya Kreasi adalah emiten yang baru mencatatkan sahamnya di BEI pada 8 Maret lalu. Kala itu 1,69 miliar saham ditawarkan kepada publik dengan harga Rp 220. Artinya saham CUAN telah mengalami kenaikan 3 kali lipat lebih. Kini harga saham CUAN tertahan di level Rp 915 pada sesi 1 perdagangan saham, Kamis (16/3/2023).

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham CUAN yang di luar kebiasaan," kata Endra Febri Styawan P.H. Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/3/2023).

Saham CUAN Kamis pagi melonjak 95 poin atau 11,5% ke level Rp 915/saham. Dengan status pergerakan diluar kebiasaan ini, maka BEI mengimbau investor untuk mencermati kinerja CUAN dan keterbukaan informasinya.

Investor juga diharapkan dapat mengkaji kembali rencana corporate action perseroan apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS. "Investor diharapkan untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi," ucap Bursa.

Pergerakan Harga Saham CUAN Petrindo Jaya Sejak Listing (Bloomberg)