Logo Bloomberg Technoz

Akuisisi 14% Saham Vale, MIND ID Pegang Jabatan CEO & Direktur

Sultan Ibnu Affan
26 February 2024 17:49

78th Mining and Energy Anniversary, MIND ID./dok. MIND ID
78th Mining and Energy Anniversary, MIND ID./dok. MIND ID

Bloomberg Technoz, Jakarta - MIND ID memastikan akan mendapatkan posisi CEO dan satu orang direktur di PT Vale Indonesia Tbk (INCO) setelah proses akuisisi 14% saham selesai dieksekusi.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan sesuai kesepakatan dengan para pemegang saham Vale Indonesia lainnya bahwa pihaknya akan mendapatka posisi Direktur Utama atau CEO dan satu orang direktur.

"Lalu nanti ada direksi yang dipilih bersama oleh para pemegang saham," ujar Hendi usai seremoni penandatanganan divestasi saham Vale, Senin (26/2/2024).

Hendi menambahkan bahwa dalam kesepakatan terbaru telah menghapus kesepakatan sebelumnya antara Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM) mengenai block voting. "Block votingnya hilang sudah. Sudah kita batalkan," ujar Hendi.

Block Voting Agreement merupakan perjanjian antara VCL dan SMM yang intinya SMM akan mengikuti keputusan yang diambil oleh VCL. Dengan block voting, VCL sebagai induk dari Vale Indonesia bisa mengambil keputusan apapun meskipun tidak menjadi pemegang saham mayoritas.