Logo Bloomberg Technoz

Harga Bijih Besi Jatuh ke Level Terendah dalam Empat Bulan

News
26 February 2024 14:40

Penambangan bijih besi Vale SA./dok. Bloomberg
Penambangan bijih besi Vale SA./dok. Bloomberg

Liz Yee Xing Ng - Bloomberg News

Bloomberg, Harga bijih besi jatuh ke level terendah sejak Oktober--setelah turun hampir 9% minggu lalu--dengan harapan rebound permintaan baja China setelah liburan Tahun Baru Imlek selesai.

Kontrak berjangka untuk bahan baku pembuatan baja turun sebanyak 3,6% di Singapura pada Senin. Ini pertanda yang mengkhawatirkan karena Maret dan April, yang biasanya merupakan bulan-bulan sibuk untuk konstruksi di China, semakin dekat. Vale SA, produsen bijih besi terbesar kedua di dunia, mengatakan bahwa mereka sedang berusaha untuk meningkatkan penjualannya di luar China, sebuah indikasi bahwa para penambang tidak optimis mengenai kebangkitan.

Produksi baja lemah dan belum sepenuhnya pulih setelah liburan Tahun Baru Imlek, kata Minmetals Futures Co dalam sebuah catatan. Pabrik-pabrik cenderung menentukan produksi berdasarkan volume penjualan karena profitabilitas yang rendah.

Bijih besi turun 3,5% menjadi US$115,90 per ton pada pukul 12:42 siang di Singapura, setelah menyentuh level intraday terendah sejak 27 Oktober di awal sesi. Kontrak berjangka China turun 2% di Dalian, sementara kontrak baja di Shanghai turun.