Logo Bloomberg Technoz

Nvidia Dongkrak Saham Chip Asia, tapi Kalah Jauh dari AS

News
23 February 2024 16:10

Nvidia Corp. (Dok: Bloomberg)
Nvidia Corp. (Dok: Bloomberg)

Jeanny Yu - Bloomberg News

Bloomberg, Lonjakan pendapatan Nvidia yang luar biasa memicu demam kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang turut mengerek saham produsen chip besar di Asia. Namun, hal ini belum cukup untuk menutup kesenjangan valuasi produsen chip di Asia dengan rekan-rekan mereka di AS.

Indeks Bloomberg yang melacak perusahaan semikonduktor terkemuka di Asia, termasuk Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) dan Samsung Electronics Co, memperluas kinerjanya yang kurang baik dibandingkan dengan Philadelphia Semiconductor Index pekan ini. 

Sementara indeks Asia diperdagangkan pada 17 kali lipat perkiraan pendapatan, indeks AS berada berada di 27 kali. Hal ini mendorong kesenjangan tersebut mendekati rekor setelah prospek pendapatan Nvidia yang fantastis memperkuat keyakinan investor terhadap lonjakan penggunaan AI generatif.

Lonjakan Nvidia sebesar 8% pekan ini jauh melebihi kenaikan TSMC sebesar 2,1% dan Samsung sebesar 0,4%. SK Hynix Inc, pemasok chip memori utama untuk prosesor AI Nvidia, menonjol di Asia dengan lonjakan 10% ke level tertinggi dalam dua dekade.