Logo Bloomberg Technoz

Mari kita mulai dengan namanya. GPT-4 adalah kependekan dari "transformator pra-pelatihan generatif 4". Itu berarti ini adalah iterasi keempat dari perangkat lunak OpenAI yang telah menganalisis sejumlah besar informasi dari seluruh internet untuk menentukan cara menghasilkan teks yang terdengar seperti manusia dan memberikan tanggapan terperinci kepada pengguna chat bot itu untuk merespons pertanyaan.

Apa perbedaan ChatGPT-4 dengan pendahulunya?

Siapa pun yang telah meneliti ChatGPT akan mengetahui keterbatasannya. Chat bot ini telah dikritik karena memberikan jawaban yang tidak akurat, menunjukkan bias dan perilaku buruk.

OpenAI mengatakan telah menghabiskan enam bulan terakhir untuk membuat perangkat lunak baru lebih aman. Mereka mengklaim ChatGPT-4 lebih akurat, kreatif, dan kolaboratif daripada iterasi sebelumnya, ChatGPT-3.5, dan “40% lebih mungkin” menghasilkan respons faktual.

Apa lagi yang bisa dilakukannya?

Salah satu fitur baru ChatGPT-4 yang paling mempesona adalah kemampuan untuk menangani tidak hanya kata-kata, tetapi juga gambar, dalam apa yang disebut teknologi "multimodal". Pengguna akan memiliki kemampuan untuk mengirimkan gambar bersama teks — yang keduanya dapat diproses dan didiskusikan oleh ChatGPT-4. Kemampuan untuk memasukkan video juga tersedia.

Apa keterbatasannya?

Seperti pendahulunya, ChatGPT-4 tidak terlalu apik dalam penalaran tentang peristiwa terkini, mengingat ia dilatih berdasarkan data yang ada sebelum 2021. OpenAI mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa iterasi terbaru “masih memiliki banyak batasan yang diketahui yang sedang kami kerjakan, seperti bias sosial, halusinasi, dan dorongan permusuhan.

Bagaimana cara menggunakan ChatGPT-4?

Versi terbaru saat ini hanya ditawarkan kepada pelanggan ChatGPT Plus seharga US$ 20 per bulan 

Di masa mendatang, Anda mungkin akan menemukannya di mesin pencari Microsoft, Bing. Saat ini, jika Anda membuka halaman web Bing dan menekan tombol "obrolan" di bagian atas, kemungkinan besar Anda akan dialihkan ke halaman yang meminta Anda untuk mendaftar ke sebuah daftar tunggu.

Siapa yang menggunakan ChatGPT-4 sekarang?

Morgan Stanley menggunakannya untuk mengatur data manajemen kekayaan, perusahaan pembayaran Stripe Inc. sedang menguji untuk melihat apakah itu dapat membantu memerangi penipuan, dan aplikasi pembelajaran bahasa Duolingo menggabungkannya untuk menjelaskan kesalahan dan memungkinkan pengguna mempraktikkan percakapan dunia nyata.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Singkatnya, ya, persaingan. Microsoft Corp. telah berjanji untuk menggelontorkan US$ 10 miliar ke dalam OpenAI, perusahaan teknologi lainnya juga telah bergegas untuk mengambil bagian. Google Alphabet Inc. telah merilis layanan AI-nya sendiri, yang disebut Bard. Banyak pula perusahaan rintisan mengejar AI. Di China, Baidu Inc. akan meluncurkan botnya sendiri, Ernie, sementara Meituan, Alibaba, dan sejumlah nama kecil juga sudah menyatakan akan ikut dalam tren ini.

(bbn)

No more pages