Logo Bloomberg Technoz

China Perkuat Cengkeraman di Sektor Teknologi, Investor Waspada

News
21 February 2024 07:20

Masyarakat China. (Dok: Bloomberg)
Masyarakat China. (Dok: Bloomberg)

Gao Yuan - Bloomberg News

Bloomberg,  Partai Komunis China, penguasa negara tersebut, akan memainkan peran lebih besar dalam mengendalikan industri teknologinya yang masif. Ini merupakan sinyal terbaru bahwa Beijing berniat memperluas pengaruhnya terhadap berbagai sektor di negara dengan ekonomi terbesar kedua dunia ini.

Menurut laporan CCTV dari sebuah pertemuan pemerintah pusat yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping, partai tersebut akan menyempurnakan mekanisme di mana para pembuat keputusan teratas di Komite Sentral mengarahkan pekerjaan di sektor teknologi. Meskipun tidak merinci secara detail, pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pemerintah China akan mempercepat perannya dalam menyalurkan sumber daya ke sektor prioritas seperti semikonduktor dan kecerdasan buatan dalam perlombaan teknologi dengan AS.

Saham produsen chip, mulai dari pemimpin industri Semiconductor Manufacturing International Corp hingga Advanced Micro-Fabrication Equipment Inc, merosot lebih dari 2% karena investor mempertimbangkan dampak dari kontrol negara yang lebih besar, yang sejauh ini menghasilkan hasil yang beragam.

Di bawah kepemimpinan Xi, Partai dan sektor yang didukung negara telah memainkan peran yang semakin penting dalam berbagai industri, mulai dari keuangan hingga pasar dan teknologi. Hal ini terutama terlihat dengan tindakan keras terhadap perusahaan seperti Alibaba Group Holding Ltd dan Ant Group Co yang membatasi kekuatan perusahaan swasta.