Logo Bloomberg Technoz

Dewan Keamanan PBB memiliki daftar barang-barang yang dilarang untuk diekspor ke Korea Utara sebagai hukuman atas program senjata nuklirnya. Termasuk di dalamnya kapal pesiar, mobil balap, dan kendaraan mewah. Kementerian Unifikasi Korea Selatan, dikutip dari Yonhap News, menilai hadiah tersebut melanggar resolusi DK PBB.

Hadiah tersebut diberikan ketika AS dan Korea Selatan menuduh Kim Jong Un memasok amunisi senilai miliaran dolar kepada Putin guna membantu serangannya ke Ukraina.

Kim Jong Un telah menunjukkan bahwa dia suka bepergian dengan kendaraan mahal. Dia baru-baru ini terlihat mengendarai SUV Mercedes-Benz Maybach GLS 600, yang dijual dengan harga dasar US$174.350.

Sebenarnya, kendaraan itu adalah salah satu kendaraan Kim yang paling murah. Dia diketahui memiliki armada limusin, termasuk limusin Mercedes-Maybach lapis baja yang bisa dijual lebih dari US$1 juta.

Ada bagian khusus di kereta mewah Kim untuk limusinnya. Termasuk satu kendaraan yang terlihat keluar masuk gerbong saat dia bersalaman dan tersenyum dengan Putin di sebuah pertemuan puncak di Rusia pada bulan September.

Putin terlihat mengendarai Aurus Senat buatan Rusia. Dalam ulasan oleh bagian Drive Sydney Morning Herald, mobil ini digambarkan sebagai tiruan Rolls Royce seberat 7.200 kilogram. Kursi terbuat dari kulit Rusia asli, dan opsinya termasuk pelapis antipeluru.

Kantor berita Tass melaporkan Putin memamerkan limusin Aurusnya kepada Kim saat mereka bertemu pada September. Kim kala itu "menguji kenyamanannya dengan duduk di kursi penumpang belakang."

(bbn)

No more pages