Logo Bloomberg Technoz

TikTok Hadapi Ancaman Denda UE dalam Pembatasan Konten Digital

News
20 February 2024 12:00

TikTok. (Dok: Bloomberg)
TikTok. (Dok: Bloomberg)

Samuel Stolton, Jillian Deutsch, dan Stephanie Bodoni - Bloomberg News

Bloomberg, Pemilik TikTok, ByteDance Ltd menghadapi ancaman denda besar dari Uni Eropa di bawah aturan konten baru yang ketat untuk perusahaan teknologi besar (Big Tech), setelah regulator mengumumkan investigasi resmi atas dugaan kegagalannya dalam melindungi anak di bawah umur yang menggunakan platform berbagi video tersebut.

Komisioner Pasar Internal Uni Eropa Thierry Breton mengumumkan pada Senin bahwa TikTok akan menghadapi penyelidikan formal di bawah Undang-Undang Layanan Digital andalan blok tersebut--yang memberdayakan regulator untuk memungut denda sebanyak 6% dari penjualan tahunan, atau melarang pelanggar berulang dari Uni Eropa.

Breton mengatakan pada X bahwa penyelidikan blok tersebut akan berfokus pada desain TikTok yang membuat ketagihan dan batas waktu penggunaan, pengaturan privasinya, dan prosedur verifikasi usia platform media sosial tersebut. Bloomberg sebelumnya melaporkan bahwa penyelidikan formal akan segera dilakukan.

Juru bicara TikTok mengatakan bahwa perusahaan akan "terus bekerja sama dengan para ahli dan industri untuk menjaga keamanan anak-anak muda di TikTok, dan berharap sekarang memiliki kesempatan untuk menjelaskan pekerjaan ini secara rinci" kepada Komisi Eropa.