Logo Bloomberg Technoz

Serikat Pekerja Toyota Tuntut Upah dan Bonus yang Lebih Tinggi

News
20 February 2024 10:40

Para pekerja di lini produksi di pabrik Toyota Tsutsumi di Toyota City, Aichi, Jepang. (Dok: Noriko Hayashi/Bloomberg)
Para pekerja di lini produksi di pabrik Toyota Tsutsumi di Toyota City, Aichi, Jepang. (Dok: Noriko Hayashi/Bloomberg)

Tsuyoshi Inajima - Bloomberg News

Bloomberg, Serikat pekerja Toyota Motor Corp meminta bonus sebesar 7,6 bulan gaji, atau naik hampir satu bulan gaji penuh, saat mereka mempersiapkan negosiasi kompensasi tahunan dengan produsen mobil Jepang tersebut.

Kelompok perunding, yang belum mengajukan tuntutan kenaikan gaji rata-rata, mengatakan pada Senin bahwa mereka akan membuat keputusan akhir tentang apa yang mereka harapkan berdasarkan kategori pekerjaan dan peringkat pada pertemuan dewan pada 9 Februari, sebelum memberi tahu perusahaan.

Para produsen kemungkinan akan menghadapi tuntutan yang sulit dari serikat pekerja selama pembicaraan upah musim semi tahunan, dengan harga-harga yang meningkat selama dua tahun terakhir. Pertanyaan besar bagi perekonomian Jepang adalah apakah akan ada cukup banyak tanda inflasi yang berkelanjutan, dan kenaikan upah yang sesuai, bagi Bank of Japan untuk mengakhiri kebijakan suku bunga negatif.

"Upaya dan kerja keras anggota serikat pekerja untuk meningkatkan produktivitas selama setahun terakhir terbukti dalam angka-angka, dan tercermin dalam hasil keuangan Toyota," kata Keisuke Kito, ketua komite eksekutif serikat pekerja. Tuntutan tersebut juga mencerminkan kenaikan harga konsumen.