Logo Bloomberg Technoz

Zelenskiy Kunjungi Pasukan Ukraina saat Rusia Tingkatkan Serangan

News
20 February 2024 08:20

Volodymyr Zelenskiy (Sumber: Bloomberg)
Volodymyr Zelenskiy (Sumber: Bloomberg)

Aliaksandr Kudrytski - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengunjungi pasukan yang ditugaskan untuk mempertahankan kota Kupyansk di timur laut ketika Rusia berusaha untuk menekan balik pasukan yang diperangi oleh Kyiv.

Dalam kunjungan yang tampaknya merupakan bentuk dukungan kepada militer yang tertekan setelah mundurnya pasukan Rusia dari kota timur Avdiivka yang terkepung pekan lalu, Zelenskiy memberikan penghargaan kepada para prajurit dan mendiskusikan situasi di lapangan.

Penarikan mundur dari Avdiivka setelah berbulan-bulan bertempur menjadi kekalahan simbolis setelah Zelenskiy mengganti kepemimpinan militernya dan suasana di negara itu menjadi lebih gelap. Invasi skala penuh Rusia akan segera memasuki tahun ketiga dan Ukraina semakin dipaksa untuk menjatah amunisi saat Kongres beradu argumen mengenai nasib paket bantuan senilai 60 miliar dolar AS untuk Kyiv.

Kurangnya dukungan Barat dan ketidakpastian pasokan di masa depan telah mendorong pasukan Rusia untuk meluncurkan operasi ofensif "oportunistik" di setidaknya tiga lokasi berbeda di sepanjang garis depan, menurut analis yang berbasis di Amerika Serikat (AS) di Institute for the Study of War.