Logo Bloomberg Technoz

Menkes Sebut 400 Ribu Petugas TPS Berisiko Jantung dan Hipertensi

Muhammad Fikri
19 February 2024 20:50

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (Dimas Ardian/Bloomberg)
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan sudah melakukan screening pada 6,8 juta petugas TPS. Hasilnya, masih ditemukan sekitar 400 ribu petugas berisiko tinggi menderita penyakit jantung dan hipertensi.

"Kita sudah screening, jadi tugas kita adalah jangan keburu sakit, kalau bisa bekerjanya sudah sehat duluan, kondisinya tetap sehat. Tugas kita ingin jaga sehat, oleh karena itu, sudah dilakukan screening ke 6,8 juta petugas. Dari total 6,8 juta petugas, 6,4 juta yang sehat" jelas Budi di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (19/2/2024).

"Nah risiko [yang sakit] tingginya itu paling banyak hipertensi. Yang kedua Jantung 26%. Karena di screening itu yang kedua yang paling besar," tambah Budi.

Diketahui, pemberlakuan screening dilakukan setelah proses pendaftaran, sehingga 400 ribu petugas tersebut tetap lolos menjadi petugas KPPS di Pemilu 2024.

Budi juga menyampaikan jumlah korban yang meninggal pada ajang kontestasi Pemilu 2024 menurun drastis dibandingkan dengan Pemilu 2019 sebelumnya. Korban meninggal pada Pemilu tahun 2024 dilansir turun sebesar 16% daripada korban meninggal pada Pemilu tahun 2019.