Logo Bloomberg Technoz

Partai Golkar di posisi kedua juga mengalami penurunan suara menjadi hanya menguasai 14,34%. Namun, capaian ini lebih tinggi dari total suara pada Pileg sebelumnya yang hanya 12,31% suara nasional.

Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto masih berada pada capaian 12,54% suara nasional di posisi ketiga. Kemenangan Prabowo pada Pilpres 2024 nampaknya tak berdampak besar pada perolehan suara partainya. Pada Pileg 2019, partai ini meraih 12,57% suara nasional.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada pada posisi keempat dengan menguasai 11,07% suara nasional. Suara partai ini naik signifikan meski pemilih dari kelompok Nahdlatul Ulama (NU) terpecah pada tiga paslon Pilpres 2024. Pada pileg sebelumnya, partai Muhaimin Iskandar ini hanya meraih 9,69% suara nasional.

Muhaimin Iskandar (Muhammad Fikri / Bloomberg Technoz)

Pada posisi berikutnya secara berurutan berada Partai Nasdem dengan perolehan sementara 8,99%; Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 7,46%; Partai Demokrat 7,3%; Partai Amanat Nasional (PAN) 6,92%; dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 4,19%.

Sembilan partai lainnya tercatat belum memenuhi ambang batas lolos ke DPR. Hal ini termasuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di bawah kepemimpinan putera bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

(red/frg)

No more pages