Logo Bloomberg Technoz

Di sisi lain, Prabowo juga ingin menutup celah dalam pengumpulan pajak untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan. Eddy mencatat, penerimaan pajak Indonesia hanya setara dengan sekitar 10% produk domestik bruto (PDB), sedangkan negara tetangga di Asia Tenggara ini memiliki rasio pajak sebesar 14%.

“Reformasi pendapatan harus membantu mengalokasikan dana untuk janji kampanye utama Prabowo, yaitu menyediakan makan siang dan susu kepada 80 juta anak sekolah di Indonesia, membantu meningkatkan hasil kesehatan dan pendidikan, sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi perempuan dan pengusaha,” kata Soeparno.

Program ini diperkirakan menelan biaya lebih dari Rp400 triliun, lebih besar dari seluruh defisit anggaran 2023. Sebelumnya, ketidakpastian mengenai disiplin fiskal calon presiden sudah membebani obligasi Indonesia.

“Jika Anda berbicara tentang investor, hal pertama yang mereka cari adalah apakah disiplin fiskal akan dilanjutkan? Ini akan menjadi hal penting yang harus ditangani oleh presiden mendatang,” kata mantan Menteri Perdagangan Mari Pangestu dalam wawancara terpisah dengan Bloomberg Television.

Untuk membantu memuluskan jalan bagi reformasi yang dilakukan oleh Prabowo, dia akan berupaya membangun koalisi yang kuat di parlemen, dengan mengundang partai-partai lain seperti calon terdepan PDI-P, dan bahkan mungkin merekrut calon presiden lainnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, untuk bergabung dalam pemerintahannya.

Prabowo, yang mencalonkan diri melawan Presiden Joko Widodo pada 2019, sebelumnya diangkat menjadi Menteri Pertahanan petahana. “Dia menilai itu adalah formula sukses untuk membangun pemerintahan yang stabil ke depan,” kata Eddy.

Prabowo pada pemilihan presiden (pilpres) Rabu (14/2/2024) mengeklaim kemenangan setelah memperoleh hampir 60% suara dalam penghitungan cepat atau quick count tidak resmi.

Pendukung menghadiri pidato kemenangan Prabowo-Gibran di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Sorotan Lainnya:

  • Perolehan suara Prabowo dalam hitung cepat tidak resmi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan tim kampanye sebesar 54%—55%.  Eddy memperkirakan suaranya tetap di kisaran 57%—58% menjelang selesainya penghitungan cepat.
  • Prabowo selalu berniat mengusung calon wakil presiden muda dan mempersempit pilihannya dengan memilih Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi, sebutan presiden yang lebih populer.
  • Prabowo akan meneruskan kebijakan-kebijakan yang telah sukses diusung Jokowi, termasuk diplomasinya. Dia menganggap Amerika Serikat dan China sebagai mitra penting bagi Indonesia

(bbn)

No more pages