Logo Bloomberg Technoz

AS Sebut Rusia akan Menempatkan Senjata Nuklir di Luar Angkasa

News
15 February 2024 20:20

Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Jennifer Jacobs, Erik Wasson dan Josh Wingrove - Bloomberg News

Bloomberg, Intelijen AS mengatakan Rusia sedang mendiskusikan kemungkinan penempatan senjata nuklir di luar angkasa. Temuan ini muncul setelah seorang anggota DPR dari Partai Republik secara terbuka memperingatkan adanya ancaman keamanan nasional yang tidak disebutkan secara spesifik.

Menurut sumber, ancaman yang dikatakan oleh intelijen AS tersebut kini belum aktif. Rusia belum mengerahkan senjata nuklir ke luar angkasa. Meskipun kesimpulan yang diperoleh cukup signifikan dan pejabat AS menganggap masalah ini serius, namun hal ini tidak akan menimbulkan kekhawatiran publik.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan dia akan bertemu dengan anggota DPR AS yang terdiri dari para pemimpin Kongres yang disebut Gang of Eight pada Kamis (15/2). Pertemuan itu dijadwalkan sebelum Ketua Komite Intelijen DPR Mike Turner mengeluarkan pernyataan publik yang samar pada Rabu (14/2).

Anggota Republik dari Ohio itu meminta Presiden Joe Biden untuk "mendeklasifikasi semua informasi yang berkaitan dengan ancaman ini." Turner tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang sifat ancaman tersebut.