Logo Bloomberg Technoz

Angka-angka tersebut kemungkinan akan digunakan oleh oposisi untuk menyerang penanganan ekonomi oleh pemerintah Konservatif yang berkuasa, menjelang pemilihan umum yang diperkirakan pada paruh kedua 2024.

Data ini dirilis pada hari yang sama dengan dua pemilihan khusus di mana partai Konservatif diperkirakan akan mengalami kekalahan besar. Mereka tertinggal sekitar 20 poin persentase di belakang Partai Buruh dalam jajak pendapat nasional.

Sunak menjadikan pertumbuhan ekonomi sebagai salah satu dari lima janji utama tahun lalu. Namun, data ONS menunjukkan bahwa Inggris mengalami stagnasi di tahun penuh pertamanya sebagai Perdana Menteri. PDB kuartal keempat turun 0.2% dibandingkan tahun sebelumnya dan pertumbuhan hanya 0,1% secara keseluruhan pada tahun 2023.

Ekonomi Inggris telah dibelenggu oleh krisis biaya hidup terburuk dalam beberapa generasi dan kenaikan suku bunga yang cepat yang menekan peminjam. Aksi industrial di sektor kereta api dan kesehatan serta penurunan penjualan ritel turut menyebabkan penurunan PDB pada bulan Desember.

Gubernur BOE Andrew Bailey meremehkan arti pentingnya resesi teknis minggu ini. Dia menunjuk pada tanda-tanda "peningkatan" dalam survei yang mencakup awal tahun 2024.

(bbn)

No more pages