Logo Bloomberg Technoz

Charles Schwab Corp memiliki portofolio investasi surat berharga yang sangat besar dan mencatatkan kerugian yang cukup besar pada surat berharga yang dipegang hingga jatuh tempo (hold-to-maturity). Berbeda dengan SVB, sebagian besar simpanan nasabah Schwab diasuransikan.

Kantor pusat Silicon Valley Bank (SVB) di Santa Clara, California, AS. (Philip Pacheco/Bloomberg)

Charles Schwab Corp adalah pialang saham yang memberikan diskon pada penggunanya. Ini karena mereka hanya menawarkan jasa jual-beli saham pada penggunanya. Mereka tidak menawarkan jasa lain seperti analisis investasi pada penggunanya. Hal inilah yang membuat biaya transaksi yang dibebankan ke pengguna lebih kecil dari pialang saham lainnya.

Hingga berita ini dipublikaskan Bloomberg News, Juru bicara Charles Schwab Corp tidak membalas permintaan komentar.

Penurunan kekayaan Schwab sebesar 23% sejak 8 Maret jarang terjadi di antara para miliarder di industri keuangan yang biasanya stabil.

Penurunan kekayaan dalam tiga hari hanya pernah dilampaui tiga kali oleh para miliarder yang diklasifikasikan oleh Bloomberg sebagai orang yang menghasilkan uang dari industri keuangan: Dan Gilbert, pendiri Rocket Cos. yang kehilangan 37% pada Maret 2021; Pollyanna Chu, mantan wanita terkaya di Hong Kong, yang kekayaannya anjlok 31% pada awal 2018; dan Leaf Hua Li, pendiri Futu Holdings yang mengalami penurunan kekayaan 24% pada April 2021.

Mayoritas kekayaan bersih Charles Schwab berasal dari sekitar 6% sahamnya di pialang yang ia dirikan pada tahun 1971.

(bbn)

No more pages