Logo Bloomberg Technoz

Ketergantungan India pada Moskow untuk senjata adalah salah satu faktor di balik sikap netral New Delhi terhadap perang yang digencarkan Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina, meskipun ada tekanan dari negara-negara seperti Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Australia.

Negara Asia Selatan itu telah mendukung seruan untuk gencatan senjata dan solusi diplomatik untuk mengakhiri perang Rusia, tetapi abstain di PBB dalam pemungutan suara yang mengutuk invasi Rusia. Mereka juga melanjutkan pembelian minyak Rusia yang dijual dengan harga murah.

India telah menjadi importir senjata terbesar di dunia sejak 1993 dan “ketegangan dengan Pakistan dan China sebagian besar mendorong permintaan impor senjata mereka,” tambah laporan itu.

Sanksi terhadap Rusia, telah memengaruhi ekspor senjata negara tersebut, meningkatkan manufaktur peralatan pertahanan di India, dan meningkatkan persaingan dari negara-negara seperti Prancis — yang ekspor senjatanya ke New Delhi telah melonjak hingga 489% dibandingkan periode yang sama —  dan menyebabkan penurunan pembelian dari Moskow, tambah laporan tersebut.

Paris mengalahkan AS untuk menjadi pemasok senjata terbesar kedua ke India pada 2018-22.

(bbn)

No more pages