Logo Bloomberg Technoz

SoftBank mendapatkan rejeki nomplok tambahan dari kesepakatan untuk menerima lebih dari 48 juta saham T-Mobile senilai hampir $8 miliar. Kesepakatan tersebut merupakan bagian dari kesepakatan yang dibuat ketika T-Mobile mengakuisisi saingannya dan mantan unit SoftBank, Sprint Corp pada tahun 2020, yang dirancang untuk memberikan lebih banyak saham T-Mobile kepada SoftBank jika saham tersebut naik di atas level tertentu selama periode tertentu.

Kenaikan 40% pada saham unit desain chip yang baru saja terdaftar, Arm Holdings Plc, pada kuartal Desember semakin memperkuat keuangan SoftBank. Sebagai pemilik sekitar 90% saham di perusahaan Inggris, SoftBank kemungkinan akan dapat menggunakan Arm untuk membantu membiayai pinjaman untuk investasi baru, dengan cara yang sama seperti kepemilikan saham di Alibaba Group Holding Ltd yang membantu SoftBank mendapatkan pendanaan untuk mengakuisisi Arm pada awalnya.

Pada Rabu, Arm memberikan perkiraan pendapatan bullish yang mengalahkan estimasi karena dorongan di luar smartphone ke arena yang lebih menguntungkan seperti server dan pusat data membuahkan hasil. Saham Arm melonjak dalam perdagangan setelah jam kerja, membawa nilai perusahaan mendekati $100 miliar.

Namun, masih ada keraguan terhadap ratusan perusahaan rintisan yang dimiliki oleh Vision Fund. Vision Fund kedua, yang didanai sepenuhnya oleh SoftBank, terperosok dalam kerugian setelah kemerosotan pasca-pandemi yang merugikan valuasi teknologi di seluruh dunia. Vision Fund pertama telah mengalami kerugian, termasuk dari WeWork Inc, startup yang pernah bernilai $47 miliar yang mengajukan kebangkrutan tahun lalu.

(bbn)

No more pages