Logo Bloomberg Technoz

"Tahun ini, perusahaan teknologi masih berusaha memperbaiki perekrutan berlebihan selama lonjakan pandemi, mengingat kondisi suku bunga tinggi dan penurunan teknologi berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan," tulis pendiri Layoffs.fyi Roger Lee dalam sebuah email.

Perusahaan teknologi melakukan PHK. (Sumber: Bloomberg)

Menurut Lee, telah terjadi dua gelombang utama PHK dalam beberapa tahun terakhir. Lonjakan "awal Covid", dari kuartal pertama hingga kedua tahun 2020, dan efek "kenaikan suku bunga", yang telah berlangsung sejak kuartal kedua tahun 2022. 

"PHK tahun ini biasanya lebih kecil dan lebih tepat sasaran dibandingkan PHK setahun lalu," kata Lee.

Meskipun faktor ekonomi menjadi alasan utama PHK di bidang teknologi, Lee mencatat banyak perusahaan menyebut perlombaan untuk kecerdasan buatan (AI) sebagai faktor. Mereka mengalihkan sumber daya untuk fokus pada talenta AI. 

Menurut analisis oleh CompTIA, yang melacak tren pekerjaan di industri teknologi, lowongan pekerjaan dalam "kecerdasan buatan atau membutuhkan keterampilan AI meningkat sekitar 2.000 dari Desember hingga Januari, menjadi 17.479."

Jadi, meskipun industri ini kehilangan beberapa pekerjaan, mereka juga merekrut secara agresif di bidang lain. Ada 33.727 lowongan pekerjaan aktif pada bulan Januari, menurut CompTIA, yang merupakan peningkatan terbesar dari bulan ke bulan dalam 12 bulan.

"Saya merasa sebagian besar PHK telah terjadi, dan perusahaan akan mulai pulih," kata Bert Bean, CEO perusahaan perekrutan Insight Global. "Tapi masih sangat tidak pasti." 

Dia memperkirakan pasar akan tetap seperti itu selama sekitar dua kuartal berikutnya, "sampai The Fed benar-benar keluar dan mulai menurunkan suku bunga."

(bbn)

No more pages