Logo Bloomberg Technoz

Korea Utara Tembakkan Rentetan Rudal Jelajah Baru

News
02 February 2024 14:20

Rudal jelajah storm shadow (Sumber: Bloomberg)
Rudal jelajah storm shadow (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz dan Shinhye Kang - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara menembakkan rudal jelajah keempatnya dalam waktu sekitar dua minggu terakhir. Hal ini seiring dengan janji pemimpin Kim Jong Un untuk menggunakan roket-roket tersebut untuk membangun kemampuan serangan nuklir negaranya.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pesan teks kepada para wartawan bahwa Korea Utara menembakkan beberapa rudal jelajah di lepas pantai baratnya sekitar pukul 11 pagi Jumat. Otoritas intelijen AS dan Korea Selatan sedang menganalisis uji coba tersebut.

Rezim Kim biasanya merilis informasi tentang peluncuran sehari setelah kejadian. Menurut Kantor Berita Pusat Korea, selama akhir pekan, Kim mengawasi peluncuran apa yang disebut Korea Utara sebagai rudal jelajah yang baru dikembangkan untuk digunakan di kapal selam yang dirancang untuk membantu mengirimkan serangan atom.

Meskipun Korea Utara dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB untuk menguji coba rudal balistik, negara itu tidak menghadapi larangan yang sama untuk rudal jelajah.