Logo Bloomberg Technoz

Dalam beberapa minggu terakhir, negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini telah menghadapi penurunan properti, permintaan yang lemah, dan tekanan terus-menerus dari deflasi. Akibatnya, para pejabat China telah membuat banyak janji untuk memperkuat kebijakan fiskal tahun ini. Mereka berjanji pada Kamis untuk mempertahankan "intensitas yang diperlukan" pengeluaran pemerintah tahun ini, termasuk penggunaan anggaran pusat untuk mendukung investasi.

Survei ini menunjukkan beberapa hal positif, mungkin karena dilakukan pada saat hubungan China-AS meningkat menjelang pertemuan Presiden Joe Biden dan Xi Jinping di November di California. Selama sebagian besar diskusi, hubungan telah stabil, yang memicu pembicaraan minggu ini di Beijing tentang aliran fentanil. Masalah teknologi dan Taiwan masih menimbulkan ketegangan.

Dengan peningkatan dari 8% pada tahun sebelumnya, sekitar 19% orang yang mengikuti survei menyatakan bahwa mereka optimistis akan hubungan antara dua negara adidaya ini dalam dua tahun ke depan. Hubungan saat itu memburuk, terutama setelah kekhawatiran tentang spionase muncul setelah balon udara China melintas di atas AS.

Surplus perdagangan China pada 2022 mencetak rekor baru terdorong ekspor yang melesat di semester 1 2022 (Bloomberg)

Selain itu, survei AmCham berbeda dengan jajak pendapat pesimis dari perusahaan di seluruh dunia. Sebagian besar orang yang mengikuti survei terbaru dari Kamar Dagang Jerman di China menyatakan bahwa negara Asia ini "sedang menghadapi penurunan ekonomi."

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri Jepang di China menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan Jepang memangkas investasi mereka atau mempertahankannya pada tingkat yang sama tahun lalu, dan sebagian besar tidak melihat dengan baik tahun 2024.

Survei AmCham menunjukkan bahwa konflik antara China dan AS mengenai masalah teknologi dapat memengaruhi bisnis. Sebanyak 16% perusahaan teknologi dan riset mengatakan bahwa mereka mulai memindahkan produksi atau menggunakan sumber daya internasional, naik dari 9% tahun lalu. Sebanyak 16% lainnya mengatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk melakukan hal yang sama.

Pada Rabu, Pentagon meningkatkan ketegangan dengan menambah daftar perusahaan yang diduga membantu militer negara Asia, termasuk pembuat chip memori China terkemuka Yangtze Memory Technologies Co dan pemain AI terkemuka. Tindakan ini dimaksudkan untuk memperingatkan sekutu terhadap potensi ancaman keamanan nasional.

(bbn)

No more pages