Logo Bloomberg Technoz

Penguatan IHSG Terkikis di Tengah Kabar Mahfud MD Mundur

Redaksi
31 January 2024 14:22

Siswa memfoto layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Siswa memfoto layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mampu bergerak di zona hijau dengan kenaikan 0,21% dan 14,9 poin ke level 7.207 pada perdagangan Sesi II Rabu (31/1/2024) di tengah kabar pengunduran diri Menko Polhukam Mahfud MD yang menjadi sentimen di pasar.

Pada Sesi II IHSG bergerak menghijau walau penguatannya terkikis dari yang sempat menguat pada perdagangan awal di pagi hari tadi, rentang perdagangan terjadi 7.247–7.192. Data perdagangan menunjukkan nilai perdagangan mencapai Rp6,04 triliun dari sejumlah 12,04 miliar saham yang ditransaksikan.

Tercatat ada penguatan 258 saham dan sebanyak 227 saham terjadi pelemahan. Sedangkan terdapat 260 saham stagnan.

Investor mencermati lebih lanjut dinamika politik jelang Pemilu Presiden Indonesia 2024. Siang hari ini, Mahfud MD memastikan mundur dari Kabinet Indonesia Bersatu di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Prof Mahfud sudah tegas menyatakan pengunduran diri beliau sebagai Menko Polhukam di acara "Tabrak, Prof!" di Semarang 23 Januari lalu. Hal ini sebagai protes moral beliau atas begitu telanjangnya kekuasaan, aparat dan fasilitas negara disalahgunakan untuk memenangkan pasangan calon tertentu," ungkap Karaniya Dharmasaputra dari Tim Media TPN Ganjar-Mahfud, sebelum pengumuman.