Logo Bloomberg Technoz

Gurauan Sri Mulyani Bahas Iklim: Ini Panas, Bukan karena Politik

Azura Yumna Ramadani Purnama
29 January 2024 13:03

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers APBN KITA. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers APBN KITA. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan perubahan iklim global merupakan persoalan yang serius dan harus dihadapi. Dalam acara HUT ke-14 PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF), ia menyampaikan hal tersebut.

Sri Mulyani mengatakan, perubahan iklim yang terjadi sudah dirasakan masyarakat akhir-akhir ini, terlihat dari suhu udara yang terus meningkat. Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan suhu tertinggi, seperti pada tahun 2016 lalu sempat mencapai  27,3 °C.

“Indonesia terlihat sebagai salah satu negara dengan suhu tertinggi yaitu 27,2 °C dan ini bukan karena situasi politik, tapi benar-benar panas. Dalam hal ini dibandingkan dengan yang terpanas kedua di tahun 2016 yaitu 27,3 °C,” kata Sri Mulyani dalam acara PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) Anniversary Dialogue di St Regis Hotel, Jakarta Selatan, Senin (29/1/2024).

Dalam hal ini, ia mengatakan perubahan iklim merupakan tantangan besar yang sedang dihadapi. Menurutnya suhu rata-rata dunia terus meningkat, ia pun memberikan perbandingan kenaikan suhu rata-rata dunia pada tahun 2023 dengan 2020 lalu.

“Dunia menghadapi tantangannya besar yaitu dalam bentuk perubahan iklim, sejak tahun 2023 suhu rata-rata dunia telah meningkat 0,6 °C dibandingkan dengan 1991 dan 2020,” ujarnya.