Logo Bloomberg Technoz

China dan Singapura Saling Bebas Visa Mulai 9 Februari

News
25 January 2024 17:50

Ilustrasi wisatawan China. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi wisatawan China. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Warga negara dari China dan Singapura dapat mengunjungi satu sama lain tanpa memerlukan visa mulai 9 Februari. Kedua negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini berupaya untuk mendorong lebih banyak pertukaran lintas batas.

Menurut lembaga penyiaran pemerintah China, China Central Television, rencana bebas visa--yang dicapai pada Kamis dalam sebuah perjanjian bilateral--akan memungkinkan warga China dan Singapura untuk tinggal di negara lain hingga 30 hari tanpa izin perjalanan.

Proposal ini telah digodok selama berminggu-minggu, dan pemerintah Singapura mengumumkan bulan lalu bahwa kedua belah pihak ingin membuat kesepakatan yang saling menguntungkan selama kunjungan Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong ke China.

China relaxes entry policies.

China mulai membuka diri terhadap Singapura dengan memulihkan bebas visa bagi pemegang paspor dari negara tersebut pada Juli 2023, lebih dari tiga tahun setelah pandemi memaksa penangguhan. Saat ini, warga Singapura dapat melakukan perjalanan ke China hingga 15 hari tanpa visa. Pemegang paspor China memerlukannya untuk memasuki negara kota di Asia Tenggara ini.