Logo Bloomberg Technoz

Isu Sri Mulyani Ingin Mundur Menguat, Rupiah Anjlok ke Rp15.800

Ruisa Khoiriyah
25 January 2024 10:59

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Dok: Bloomberg)
Sri Mulyani, Menteri Keuangan Kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nilai tukar rupiah sudah menjebol level lemah terbaru seiring dengan semakin kuatnya isu mundur Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati, membuat para pelaku pasar gugup.

Di pasar spot sampai jelang siang ini, rupiah diperdagangkan semakin melemah di Rp15.802/US$ pada pukul 10:45 WIB, Kamis (25/1/2024), terlemah sejak November tahun lalu di kala mata uang Asia kebanyakan berhasil menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejak pagi tadi.

Sumber Bloomberg menyebut, Sri Mulyani mempertimbangkan diri untuk mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju, seperti dilansir Bloomberg News, hari ini.

Sikap Presiden Joko Widodo yang secara gamblang mendukung salah satu kandidat capres-cawapres mendorong beberapa menteri di kabinet mempertimbangkan untuk mundur, termasuk Sri Mulyani, juga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono.

Menurut sumber Bloomberg, situasi saat ini sangat dinamis dan para menteri bisa memutuskan untuk tetap tinggal. Pengunduran diri tidak akan segera diumumkan karena kekhawatiran akan potensi dampak buruk terhadap rupiah dan pasar, kata sumber tersebut.