Logo Bloomberg Technoz

SK Hynix yang pada bulan Desember menjadi perusahaan paling bernilai kedua di Korea Selatan ini merupakan pemimpin dalam cip memori bandwidth tinggi.

Perusahaan bekerja bersama akselerator AI Nvidia Corp yang secara ekstensif dalam pelatihan AI. Para investor menggantungkan harapan mereka pada AI generatif yang mendorong permintaan server dengan kebutuhan lebih banyak DRAM generasi berikutnya (DDR5). 

“Hynix meraih laba operasional pertamanya dalam lima kuartal dan merupakan perusahaan pertama dalam kelompok perusahaan sejenis dalam industri memori yang berhasil pulih dari serangkaian kerugian,” ujar Sanjeev Rana, seorang analis di CLSA Securities Korea.

“Jelas bahwa peningkatan yang sedang berlangsung dalam bauran produk yang didorong oleh kontribusi yang lebih tinggi dari HBM dan pemulihan secara umum dalam ASP memori komoditas, akan terus mendorong pemulihan laba di kuartal-kuartal mendatang.”

Produsen cip memori ini melaporkan beberapa hari setelah pesaingnya, Samsung Electronics Co mengumumkan angka-angka yang mengecewakan. Kala itu pasar menganggap terjadi kemerosotan pasar semikonduktor yang menekan margin selama lebih dari satu tahun.

Namun, para eksekutif industri telah memproyeksikan rebound secara bertahap mulai tahun 2024, terutama karena pengembangan AI semakin cepat dan lebih banyak layanan bermunculan yang memanfaatkan teknologi cip  terbaru.

Para produsen chip optimis akan pemulihan sektor ini. Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) pekan lalu memproyeksikan pertumbuhan pendapatan yang kuat pada tahun 2024.

ASML Holding NV, satu-satunya pembuat peralatan litografi kelas atas yang menjadi kunci dalam pembuatan semikonduktor tercanggih, ditutup pada rekor tertinggi pada hari Rabu setelah pesanan meningkat lebih dari tiga kali lipat pada kuartal terakhir.

SK Hynix mengatakan akan meningkatkan belanja modal pada tahun 2024 seraya meminimalkan gangguan pada keseimbangan permintaan-penawaran.

Perusahaan juga akan melanjutkan dengan produksi massal produk memori AI HBM3E, memfokuskan pengeluaran pada memori bandwidth tinggi dan produk strategis lainnya.

Penjualan HBM3 melonjak lebih dari lima kali lipat pada kuartal keempat, sementara penjualan chip DDR5 meningkat lebih dari empat kali lipat, kata perusahaan.

SK Hynix sekarang memperkirakan permintaan untuk DRAM dan NAND akan tumbuh dengan persentase pertengahan hingga tinggi di tahun 2024, menggemakan prediksi untuk bangkitnya pasar tahun ini. 

Divisi DRAM SK Hynix telah kembali meraih keuntungan dalam tiga bulan hingga September, setelah dua kali merugi secara kuartalan, dengan kenaikan harga jual rata-rata dan harga cip yang stabil usai pemangkasan produksi.

“Ini merupakan kejutan bagi pasar secara keseluruhan,” kata Baik Gilhyun, analis di Yuanta Securities Korea.

Hasilnya mencerminkan pemulihan permintaan tidak hanya di area yang terkait dengan AI tetapi juga di pasar smartphone dan PC secara keseluruhan, katanya.

(bbn)

No more pages