Logo Bloomberg Technoz

Kekacauan di Laut Merah Gerogoti Keuntungan Perusahaan Dunia

News
23 January 2024 14:10

Laut Merah (Dok: Bloomberg)
Laut Merah (Dok: Bloomberg)

Farah Elbahrawy, Julien Ponthus dan Michael Msika - Bloomberg News

Bloomberg, Krisis Laut Merah mengguncang pengiriman segala sesuatu mulai dari mobil hingga energi. Ini hanyalah masalah waktu sebelum melonjaknya biaya dan ketegangan rantai pasokan muncul dalam laporan laba perusahaan.

Beberapa perusahaan sudah memperingatkan akan dampaknya. Produsen mobil listrik Tesla Inc merencanakan penghentian produksi selama dua minggu di pabrik Jerman karena penundaan pengiriman, sementara Volvocar AB dari Swedia telah mengumumkan penghentian produksi selama tiga hari di pabriknya di Belgia. Peritel Inggris Tesco Plc, Marks & Spencer Group Plc, dan Next Plc semuanya telah menandai risiko kenaikan harga bagi konsumen.

Semua itu karena setidaknya 2.300 kapal mengambil jalan memutar yang panjang untuk menghindari serangan militan Houthi di Laut Merah--jalur air yang biasanya menangani lebih dari 12% perdagangan laut global.

Para gubernur bank sentral memperingatkan lonjakan inflasi yang dapat menghambat penurunan suku bunga. Bagi banyak perusahaan, terutama di Eropa, hal ini menambah waktu transit, menambah biaya pengiriman dan meningkatkan biaya asuransi. Hal ini memaksa para analis untuk memikirkan kembali estimasi pendapatan perusahaan untuk tahun mendatang.

Kinerja saham Transportasi. (Dok: Bloomberg)