Logo Bloomberg Technoz

Hadiri Harlah Muslimat NU, Jokowi Pamer Kucurkan Bansos Rp443 T

Redaksi
20 January 2024 13:30

Pengarahan Presiden Jokowi pada Pembukaan Rakernas APPSI Tahun 2023, Balikpapan, Kamis (23/2/2023). (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Pengarahan Presiden Jokowi pada Pembukaan Rakernas APPSI Tahun 2023, Balikpapan, Kamis (23/2/2023). (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Harlah ke-78 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (20/1/2024) hari ini. Dalam acara tersebut, Kepala Negara memamerkan total bantuan sosial dan subsidi yang telah digelontorkan pemerintah untuk masyarakat, yakni mencapai Rp443 triliun.

Kepala Negara hadir mengenakan kemeja putih berbalut jas biru dengan sarung hijau dan peci hitam. Jokowi didampingi oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Hadir di acara sebagai Tuan Rumah yakni, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staqut, Ketua Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa.

Dalam acara tersebut, Jokowi menjelaskan masyarakat patut bersyukur bahwa Indonesia mampu melewati berbagai tantangan, baik di dunia maupun di dalam negeri. Salah satunya, ketika pandemi Covid-19 menerpa hampir seluruh negara di dunia selama hampir dua tahun.

Dia mengklaim Indonesia mampu mengatasi persoalan kesehatan dan ekonomi di dalam negeri. Padahal, ada 96 negara lain yang hanya mampu mengatasi persoalan kesehatan, tetapi belum bisa mengatasi masalah ekonomi mereka. Negara-negara tersebut, menurut Jokowi, bahkan memiliki ekonomi yang terpuruk dan menjadi pasien Dana Moneter Internasional (IMF).

"Pemerintah dengan keterbatasan berusaha hadir untuk masyarakat. misalnya subsidi dan bansos yang telah kita gelontorkan itu sebesar Rp443 triliun. Angka itu besar sekali," ujar Jokowi dalam Pidato di Acara Muslimat NU, Sabtu (20/1/2024).