Logo Bloomberg Technoz

Fenomena yang Pernah Ada di Tanah Abang Tengah Terjadi di AS

Redaksi
19 January 2024 07:18

Ilustrasi fashion. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi fashion. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta- Pasar Tanah Abang pernah mengalami fenomena penurunan penjualan, yang salah satunya dipicu oleh pergeseran minat konsumen ke belanja online. Fenomena disrupsi belaja online yang mirip juga terjadi di Amerika Serikat (AS), namun untuk skala perusahaan.

Melansir dari Bloomberg, retailer fashion terkenal di AS, Macy's baru saja mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 2.350 karyawan atau setara sekitar 3,5% dari total karyawan. PHK tersebut terjadi jelang kepergian Chief Executive Officer (CEO) Jeff Gennette. 

PHK juga dilakukan Macy's sebagai respon atas rendahnya permintaan. Selain PHK, Macy's juga berencana menutup lima tokonya.

"Sebagai upaya kami menerapkan strategi baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan pasar yang terus berubah, kami membuat keputusan sulit untuk mengurangi tenaga kerja kami, kata juru bicara Macy's dalam sebuah email.

Macy's kesulitan bersaing karena minat pembeli telah beralih dari department store ke pengecer online yang juga membuat terobosan dalam kategori barang dagangan utama seperti pakaian dan perlengkapan rumah tangga.