Logo Bloomberg Technoz

Pakistan Balas Serang Rudal Iran, 7 Orang Tewas

News
18 January 2024 18:00

Bendera Pakistan. (Sumber: Bloomberg)
Bendera Pakistan. (Sumber: Bloomberg)

Khalid Qayum dan Kamran Haider - Bloomberg News

Bloomberg, Militer Pakistan melancarkan serangan-serangan yang ditargetkan terhadap tempat-tempat persembunyian para militan di Iran setelah Teheran melakukan serangan serupa sehari sebelumnya. Hal ini semakin meningkatkan ketegangan di Timur Tengah.

Kementerian Luar Negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan mengatakan negara bersenjata nuklir ini melakukan serangan pada pagi hari ini terhadap "tempat persembunyian teroris" di provinsi Sistan dan Baluchestan, Iran. Serangan tersebut dikatakan menewaskan sejumlah militan.

"Tindakan ini adalah manifestasi dari tekad Pakistan untuk melindungi dan mempertahankan keamanan nasionalnya dari segala ancaman," kata kementerian dalam sebuah pernyataan.

Aksi saling balas ini merupakan eskalasi yang paling signifikan di antara kedua negara tetangga yang memiliki hubungan yang penuh ketegangan di masa lalu. Serangan-serangan ini terjadi pada saat meningkatnya gejolak di Timur Tengah terkait perang antara Israel dan Hamas yang didukung Iran, yang telah berlangsung selama lebih dari 100 hari.

Lokasi serangan Pakistan di Iran. (Sumber: Bloomberg)