Logo Bloomberg Technoz

RI Kirim Kapal RS TNI Bawa Obat ke Gaza, Izin Susah di Mesir

Pramesti Regita Cindy
18 January 2024 15:10

Kapal Rumah Sakit (RS) TNI KRI dr. Radjiman (Tim Prabowo)
Kapal Rumah Sakit (RS) TNI KRI dr. Radjiman (Tim Prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah mengirimkan lagi bantuan untuk Palestina melalui pesawat dan kapal TNI. Pada hari ini, Kamis (18/1/2024), Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melepas kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 untuk mengirim bantuan pokok dan obat-obatan untuk Palestina dari Kolinlamil, Jakarta.

“Saya kira juga kita tidak akan berhenti membantu dan mengirim melalui pesawat-pesawat terbang juga dan kapal-kapal lagi,” kata Prabowo sebagaimana dikutip dari keterangan Tim Prabowo pada Kamis (18/1/2024).

Dia melanjutkan, meski hingga kini negosiasi untuk perizinan pengoperasian kapal rumah sakit TNI di Mesir masih dalam proses tetapi bantuan logistik dan bantuan kesehatan untuk Palestina menjadi prioritas. 

“Ya, ini sedang kita siapkan semua yang kita laksanakan adalah bantuan logistik dan bantuan-bantuan kesehatan,” ujar dia lagi.

Prabowo juga menjelaskan alasan izin operasi kapal RS TNI belum dikeluarkan oleh Mesir. Dia mengatakan hal itu terjadi karena kekhawatiran terhadap tekanan-tekanan dari pemerintah dan warga setempat di Mesir. Kata dia, terdapat kekhawatiran kapal RS TNI yang beroperasi di Mesir akan menjadi tempat pelarian warga Palestina.