Logo Bloomberg Technoz

Insentif Motor Listrik, Astra: Tak Banyak Punya Kualitas Global

Whery Enggo Prayogi
08 March 2023 11:39

Honda PCX Electric milik Astra Honda Motor.(Dok astra-honda.com)
Honda PCX Electric milik Astra Honda Motor.(Dok astra-honda.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Astra Honda Motor, produsen terbesar motor konvensional, yakin motor listrik yang diproduksi akan tetap kompetitif di pasar meski banyak merek-merek baru yang sudah rilis beberapa waktu lalu. Diketahui AHM bersiap masuk meluncurkan seri electric vehicle (EV) pada tahun ini.

Direktur Produksi, Engineering & Procurement PT Astra Honda Motor David Budiono, menjelaskan, perusahaan memiliki sejarah panjang mengembangan motor. Persiapan rilis motor listrik juga telah berjalan jauh lebih lama.

“Dari kami tentu [punya keunggulan] quality, cost, and development. Mungkin banyak orang bisa bikin motor listrik, tapi untuk kualitas global masih terbatas,” ucap David kepada Bloomberg Technoz.

Penetapan harga suatu produk juga menjadi daya dukung Astra Honda Motor. “Demikian juga cost, keliatan murah tapi time will show. Seberapa kuat? Kami juga melakukan development [pada setiap produk motor],” tambah dia.

Perihal berapa harga motor listrik yang pas untuk pasar Indonesia, David menegaskan, penawaran yang ada saat ini sudah sesuai. Kebijakan insentif kendaraan listrik, lanjut David, tentu akan mengakselerasi pertumbuhan industri EV, khususnya roda dua.