Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Rumah Singapura Turun ke Level Terendah dalam 15 Tahun

News
15 January 2024 12:25

Ilustrasi Singapura. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Singapura. (Dok: Bloomberg)

Low De Wei - Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan rumah pribadi baru di Singapura anjlok ke level terendah dalam 15 tahun pada 2023. Hal ini disebabkan oleh pembatasan kebijakan perumahan dan pelemahan kondisi ekonomi.

Otoritas Pembangunan Perkotaan (Urban Redevelopment Authority/URA) merilis data pada Senin (16/1/2024) yang menunjukkan hanya 6.671 unit terjual oleh pengembang sepanjang tahun lalu. Penjualan Desember mencapai 135 unit, kurang dari 20% dari bulan sebelumnya.

Angka penjualan tahunan ini adalah yang terendah sejak 2008, dan merupakan pertanda lain dari pasar yang melemah. Meski sejauh ini terhindar dari dampak terburuk penurunan harga perumahan global, Singapura semakin diseret turun oleh kebijakan pembatasan pembelian properti dan perlambatan ekonomi.

Penjualan rumah di Singapura. (Sumber: Bloomberg)

Permintaan eksternal terpukul setelah pemerintah menggandakan pajak pembelian rumah bagi orang asing menjadi 60% pada April lalu. Citigroup Inc memperkirakan margin pengembang dari proyek hunian akan semakin menurun tahun ini, sebagian karena stok proyek yang tinggi yaitu sekitar 44 proyek.