Logo Bloomberg Technoz

Emiten BUMN Karya Menumpuk Utang Selama 10 Tahun

Muhammad Julian Fadli
07 March 2023 17:58

Proyek Jalan Tol SemarangDemak PTPP. (Dok ptpp.co.id)
Proyek Jalan Tol SemarangDemak PTPP. (Dok ptpp.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam 10 tahun terakhir, utang saham-saham BUMN Karya terus menanjak naik. Kenaikan angka utang ini seiring dengan masifnya pembangunan infrastruktur yang ambisius pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Banyaknya rencana pembangunan infrastruktur, bersamaan dengan meningkatnya modal kerja pada sejumlah BUMN Karya, membuat opsi menggalang dana lewat penerbitan surat utang ditempuh.

Infrastruktur sendiri bersifat kompleks, di mana perusahaan harus mengerjakan proyek terlebih dahulu. Baru nantinya setelah proyek usai, perusahaan menikmati hasil lewat skema pelepasan aset ataupun pembayarang berjangka oleh pemerintah memakai dana APBN.

Adapun tolok ukur keuangan bisa tampak pada rasio solvabilitas adalah melalui Debt to Assets Ratio (DAR). Rasio ini menjelaskan kemampuan perusahaan mengeluarkan utang dibandingkan keseluruhan aset yang dimiliki.

DAR yang sehat adalah yang di bawah 100%. Semakin rendah angkanya maka semakin baik. Artinya, utang perusahaan lebih kecil dibandingkan aset seluruh perusahaan.