Logo Bloomberg Technoz

Penggunaan BTFP telah melonjak ke titik tertinggi dalam beberapa minggu terakhir, menimbulkan pertanyaan yang tidak menyenangkan bagi The Fed mengenai apakah bank harus dapat melakukan arbitrase terhadap fasilitas mereka dengan cara ini.

“Ini seharusnya tidak mengejutkan bagi siapa pun, tetapi pengumuman yang datang lebih cepat dari perkiraan menunjukkan kepada saya bahwa toleransi The Fed terhadap bank-bank yang memanfaatkan fasilitas yang dirancang untuk penghentian darurat itu memang sangat terbatas,” kata ahli strategi Deutsche Bank AG, Steven Zeng.

Keuntungan BTFP

Penggunaan program ini – yang memungkinkan bank dan credit unions meminjam dana hingga satu tahun, dengan menjaminkan surat utang AS, Treasury, dan utang lembaga sebagai jaminan – mencapai angka tertinggi baru sebesar US$141 miliar selama periode pekan hingga 3 Januari, menurut data terbaru The Fed.

Hal ini karena tingkat suku bunga BTFP, yang dihitung sebagai tingkat swap indeks satu tahun overnight ditambah 10 basis poin, telah turun karena para traders meningkatkan ekspektasi terhadap penurunan suku bunga lebih lanjut pada tahun 2024.

Lembaga-lembaga yang memenuhi syarat merasa lebih murah untuk meminjam uang tunai melalui fasilitas tersebut dengan membayar bunga sekitar 4,93%, dengan peluang memarkir uang tersebut di rekening di bank sentral yang menghasilkan 5,40%.

BTFP digunakan di bawah otoritas darurat The Fed setelah keruntuhan Silicon Valley Bank. Hal ini memungkinkan pembentukan program berbasis luas dalam “keadaan yang tidak biasa dan mendesak,” yang memerlukan persetujuan Departemen Keuangan. Hal ini disetujui dengan suara bulat oleh dewan Fed.

Sejak program pinjaman diperkenalkan, kekhawatiran mengenai hilangnya simpanan di bank dan kerugian surat berharga yang belum direalisasi telah mereda. Para pejabat The Fed juga berusaha mengarahkan lembaga-lembaga tersebut ke fasilitas pinjaman lain, termasuk jendela diskon (discount window) yang sering mendapat stigma dan fasilitas standing repo.

Hal ini tidak mengurangi daya tarik BTFP selama masih ada. Dan bank-bank kemungkinan akan terus memanfaatkannya hingga habis masa berlakunya karena mereka berupaya untuk menopang saldo cadangan.

“Bank memilih untuk lebih membangun penyangga likuiditas mereka untuk mengantisipasi berakhirnya fasilitas tersebut,” kata Mark Cabana, Kepala Strategi Suku Bunga AS di Bank of America. “Jika The Fed akan bergerak ke arah pemotongan suku bunga dan risiko sistem perbankan sudah moderat, lalu apakah fasilitas ini perlu diperbarui pada tahun pemilu?"

(bbn)

No more pages