Logo Bloomberg Technoz

Cek Fakta Klaim Prabowo Perdagangan Indonesia Surplus 5 Tahun

Dovana Hasiana
07 January 2024 22:32

Cek-Fakta-Prabowo (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Cek-Fakta-Prabowo (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengklaim, saat ini Indonesia menjadi panutan bagi negara-negara Afrika. Sebab, Indonesia merupakan salah satu negara selatan yang berhasil dalam menjaga inflasi agar tetap rendah, menjaga pertumbuhan ekonomi, dan menjaga neraca perdagangan untuk surplus selama 5 tahun berturut-turut. 

“Kita sekarang sudah jadi panutan bagi banyak negara Afrika, begitu banyak negara Afrika melihat kita, datang ke kita, minta belajar dari kita karena kita dianggap negara selatan yang cukup berhasil, inflasi rendah, pertumbuhan masih ada, neraca perdagangan surplus 5 tahun berturut-turut,” ujar Prabowo dalam debat capres ke-3. 

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan Indonesia kembali mencetak surplus pada November 2023 selama 43 bulan. Dengan kata lain, Indonesia surplus 3,5 tahun. 

Per November 2023, BPS mencatat total neraca perdagangan RI mencapai US$22,41 miliar, atau turun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar US$3,48 miliar.

"Meski demikian, neraca perdagangan Indonesia mencatat surplus selama 43 bulan beruntun sejak Mei 2020," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Jumat (15/12/2023).