Logo Bloomberg Technoz

Jual Senjata Taiwan, 5 Perusahaan Pertahanan AS Kena Sanksi China

News
07 January 2024 13:00

Ilustrasi senjata api. (Envato/mblach)
Ilustrasi senjata api. (Envato/mblach)

Jane Zhang dan Yi Wei Wong - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah China memberikan sanksi kepada lima perusahaan industri pertahanan Amerika Serikat (AS) sebagai tanggapan atas pengumuman penjualan senjata baru ke Taiwan baru-baru ini.

Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan pada Minggu (7/1/2024), menyatakan perusahaan-perusahaan yang terkena dampak yakni, BAE Systems Land and Armament, Alliant Techsystems Operation, AeroVironment, ViaSat dan Data Link Solutions. Langkah-langkah tersebut terdiri dari pembekuan properti perusahaan-perusahaan tersebut di China, dan melarang organisasi dan individu di China melakukan transaksi dan kerja sama dengan mereka.

Kementerian Luar Negeri menyatakan tindakan terhadap perusahaan industri pertahanan juga merupakan akibat dari sanksi sepihak ilegal terhadap perusahaan dan individu China.

Bulan lalu, Departemen Luar Negeri AS menyetujui kemungkinan penjualan peralatan militer asing ke Taiwan senilai sekitar US$300 juta. Sejak itu, Tentara Pembebasan Rakyat China telah mengintensifkan pelatihan dan kesiapan militer di sekitar Selat Taiwan.