Logo Bloomberg Technoz

BMKG: RI masih El Nino Awal 2024, Berangsur Normal di Akhir Tahun

Redaksi
31 December 2023 19:30

Ilustrasi krisis iklim di sektor pertanian. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi krisis iklim di sektor pertanian. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gangguan iklim dari Samudra Pasifik, yaitu ENSO akan berada pada fase El Nino lemah – moderat pada awal 2024. Kemudian, hingga selanjutnya akhir 2024 diprediksi berada pada fase netral.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam laporan bertajuk Climate Outlook 2024 atau Pandangan Iklim 2024. Laporan ini biasanya digunakan oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan pihak lain sebagai salah satu panduan perencanaan dan kegiatan pembangunan pada sektor yang terkait atau terdampak oleh fenomena iklim.

"Terdapat peluang, namun kecil untuk berkembang menjadi fenomena La Nina yang merupakan pemicu anomali iklim basah," ujar Dwikorita dalam keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Demikian juga dengan fenomena Indian Ocean Dipole (IOD), lanjut Dwikorita, yang merupakan penyebab gangguan iklim dari Samudra Hindia, diprediksikan akan berada pada fase netral dari awal hingga akhir 2024.

Berdasarkan dinamika atmosfer tersebut, ungkap Dwikorita, maka jumlah curah hujan tahunan pada 2024 diprediksi umumnya berkisar pada kondisi normal. Namun, terdapat beberapa wilayah yang diprediksi mengalami hujan tahunan di atas normal, yaitu sebagian kecil Aceh, Sumatera Barat bagian selatan, sebagian kecil Riau, sebagian kecil Kalimantan Selatan, sebagian kecil Gorontalo, sebagian kecil Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat bagian utara, sebagian kecil Sulawesi Selatan, sebagian kecil Papua Barat dan Papua bagian utara.