Logo Bloomberg Technoz

Polisi Klaim Jayapura Kini Kondusif, Truk TNI-Polri Mondar-mandir

Pramesti Regita Cindy
29 December 2023 17:40

Insiden pembakaran di Waena, Papua. ( Humas Polda Papua)
Insiden pembakaran di Waena, Papua. ( Humas Polda Papua)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Polda Papua mengeklaim kondisi Jayapura kini tertib pascapemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe. Jenazah dimakamkan di kediamannya di Koya Tengah, Jumat (29/12/2023).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo menyampaikan bahwa situasi di Kota Jayapura saat ini sudah kondusif. Aparat keamanan kata dia telah memberikan pengamanan maksimal selama prosesi pemakaman.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga ketertiban dan tidak mengambil langkah-langkah yang dapat merusak suasana kerukunan di tanah Papua. Keamanan dan kedamaian merupakan tanggung jawab bersama, dan kami akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga kestabilan di daerah ini," kata Benny sebagaimana keterangan yang dikirimkan pada Jumat (29/12/2023).

Dia mengatakan, Kepolisian siap mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun yang melakukan tindakan yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Sementara Polresta Jayapura Kota saat ini telah menyiapkan kendaraan sebanyak 9 truk TNI-Polri untuk membantu masyarakat menghadiri pemakaman kembali ke daerah Waena, Sentani dan Kota Jayapura.
 
"Kami tidak akan segan untuk bertindak sesuai dengan hukum apabila ada yang mencoba merusak keamanan dan ketertiban yang telah kami ciptakan," lanjut dia.