Logo Bloomberg Technoz

Edukasi Pasar Modal

Mempersiapkan Investasi Reksa Dana Menjelang Awal Tahun


Ilustrasi investasi pada reksa dana saham. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi investasi pada reksa dana saham. (Dok Bloomberg)

Jakarta - Awal tahun merupakan waktu yang tepat untuk berinvestasi. Selain mudah untuk memulai, pada akhir tahun kita sudah bisa melihat pergerakan imbal hasil atau keuntungan investasi yang ingin kita pilih. Salah satu produk investasi yang bisa menjadi pilihan investor adalah reksa dana.

Reksa dana merupakan instrumen yang memiliki keuntungan yang bisa disesuaikan dengan risiko masing-masing investor.  Oleh karena itu, jika ingin berinvestasi di reksa dana, maka pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dalam menerima risiko. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai jenis tools yang telah disiapkan oleh para agen penjual reksa dana untuk menilai profil risiko investor. 

Ada empat jenis reksa dana, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana  campuran, dan reksa dana saham.  Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang paling rendah risikonya dan cocok untuk investor dengan profil risiko konservatif atau yang tidak berani menanggung risiko tinggi. 

Kemudian , reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana dengan tingkat risiko yang sedikit lebih tinggi dibandingkan reksa dana pasar uang. Reksa dana jenis ini cocok dipilih oleh investor dengan tingkat risiko yang konservatif dan moderat. Sementara itu, reksa dana campuran cocok untuk  investor yang moderat dan agresif. Sementara itu, reksa dana saham sangat cocok untuk investor yang agresif dan memiliki tingkat toleransi yang tinggi terhadap risiko investasi.

Jika risiko dan jenis reksa dana sudah dipahami,  maka langkah selanjutnya adalah memilih reksa dana yang sesuai. Setelah itu, investor  dapat memilih perusahaan manajer investasi yang menjadi pengelola reksa dana. Investor dapat melakukannya dengan melakukan browsing melalui mesin pencari informasi terkait daftar manajer investasi dan reksa dana yang dikelolanya. Lalu, untuk pembelian reksa dana investor dapat langsung menghubungi tenaga pemasar di perusahaan manajer investasi atau melalui agen penjual reksa dana lainnya. Sebagai informasi, agen penjual reksa dana ada di masing-masing manajer investasi (MI) atau bisa melalui agen penjual reksa dana yang ada di bank-bank.