Logo Bloomberg Technoz

Tragedi Kue Takashimaya, Bikin Heboh Natal di Tokyo

News
27 December 2023 17:00

Pernak-pernik Natal di Asemka. (Sumber: Bloomberg Technoz/Dinda Decembria)
Pernak-pernik Natal di Asemka. (Sumber: Bloomberg Technoz/Dinda Decembria)

Reed Stevenson - Bloomberg News

Bloomberg, Orang Jepang menganggap serius kue Natal mereka. Sehingga, ketika beberapa "Strawberry Frill Shortcakes" yang dipesan secara online dari Takashimaya Co sampai di depan pintu pelanggan dalam keadaan hancur, insiden tersebut bakal menjadi berita utama, lengkap dengan permintaan maaf yang disiarkan di televisi nasional.

Kue-kue tersebut dikirim pada hari-hari menjelang Natal, dijual dengan harga ¥5.400 ($38) per buah--bukan jumlah yang sedikit di Jepang, di mana deflasi selama beberapa dekade berarti makan siang di Tokyo masih dapat diperoleh dengan harga kurang dari $7. Kue-kue tersebut seharusnya dibekukan dan dikirim, untuk mencegah bencana seperti yang menimpa sepertiga pemesan kue tersebut.

"Kami sangat meminta maaf karena telah mengecewakan banyak pelanggan kami karena kue beku yang kami jual," kata Kazuhisa Yokoyama, pejabat eksekutif pelaksana senior di grup department store tersebut, dalam konferensi pers Rabu sebelum membungkukkan badannya dalam-dalam selama lima detik.

Meskipun musim liburan, ini bukanlah periode yang sepi berita, bersaing dengan penyelidikan politik dan skandal pengujian keselamatan produsen mobil untuk menjadi berita utama.