Logo Bloomberg Technoz

Mahfud Pesimistis KPU Tegas ke Gibran yang Abaikan Aturan Debat

Sultan Ibnu Affan
23 December 2023 01:13

Pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo & Mahfud MD saat debat Cawapres di JCC, Jumat (22/12/2023). (Bloomberg Technoz/Ibnu Affan)
Pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo & Mahfud MD saat debat Cawapres di JCC, Jumat (22/12/2023). (Bloomberg Technoz/Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD merasa kurang sreg pada saat Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mencecarnya soal carbon capture storage (CCS). Menurut Mahfud, hal itu seharusnya masuk dalam topik di debat keempat yang akan mengangkat soal energi. Pertanyaan Gibran karena itu tak relevan.

Kalau saya mau bisa menari-nari di depan. Tapi okelah kalau KPU yang begitu-gitu ya ndak bertindak juga. Enggak apa-apa

Mahfud MD

Belum lagi, dia mempertanyakan Gibran yang menjawab pertanyaan sambil meninggalkan podium. Namun Mahfud yang merupakan Menko Polhukam itu merasa pesimistis hal ini akan menjadi perhatian KPU atau diberikan sanksi oleh KPU.

"Tapi saya tetap ikut aturan masuk tak boleh meninggalkan podium itu kan aturan. Kalau saya mau bisa menari-nari di depan. Tapi okelah kalau KPU yang begitu-gitu ya ndak bertindak juga. Enggak apa-apa. Cuma itu," kata Mahfud MD dalam pernyataannya pada saat konferensi pers usai debat cawapres di JCC, Jakarta, Jumat malam (22/12/2023).

Diketahui pada saat debat cawapres, Gibran menanyakan aturan mana yang akan disiapkan Ganjar-Mahfud soal CCS itu. Mahfud kemudian menjelaskan aturan secara umum dan proses pembuatannya. Namun Gibran seperti tak puas. Dalam dua menit menurut dia, pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tak memberikan jawaban jelas.

"Mohon dijawab sesuai pertanyaan yang saya tanyakan enggak perlu ngambang ke mana-mana," kata Gibran pada saat debat berlangsung.