Logo Bloomberg Technoz

Album Taylor Swift Dongkrak Penjualan Universal Music

News
03 March 2023 10:18

Taylor Swift (Sumber: Dimitrios Kambouris/Bloomberg)
Taylor Swift (Sumber: Dimitrios Kambouris/Bloomberg)

Sarah Jacob - Bloomberg News - 

Album terbaru dari penyanyi solo wanita Taylor Swift mendongkrak penjualan Universal Music Group NV (UMG Recordings, Inc./UMG), yang melampaui prediksi pada kuartal keempat 2022.

Universal Music melaporkan pada Kamis (02/03/2023) bahwa angka penjualan perusahaan naik 17% dari tahun sebelumnya menjadi 2,94 miliar euro (Rp 47 miliar). Sebelumnya, para ekonom Bloomberg memperkirakan penjualan hanya sebesar 2,88 miliar euro.

UMG yang pada 2018 silam menandatangani kontrak dengan Swift di bawah kesepakatan tahun jamak mengatakan pada Desember, album terbaru yang berjudul "Midnights" itu terjual lebih dari 6 juta kopi di seluruh dunia. Angka itu tercapai hanya dalam delapan minggu pertama peluncurannya. Sederet musisi lainnya yang pernah membawa dampak positif pada kuartal keempat yakni The Beatles, Drake, Seventeen, dan Lil Baby.

Pendapatan perusahaan label rekaman besar itu melonjak hingga 30% menjadi 530 juta euro (Rp 8,5 triliun) dan mencatat pertumbuhan penjualan musik mencapai 13% menjadi 2,24 miliar euro (Rp 36 triliun).