Logo Bloomberg Technoz

Kala K-Pop Coba Taklukkan Tanah Rock

Hidayat Setiaji
10 February 2023 12:40

BTS (Sumber: Oliver Contreras/Sipa/Bloomberg)
BTS (Sumber: Oliver Contreras/Sipa/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Korea Selatan telah menjelma menjadi kekuatan baru. Tidak hanya di bidang ekonomi, budaya Negeri K-Pop pun telah merasuk ke berbagai belahan dunia.

Dari sisi output ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB) Korea Selatan pada 2021 tercatat US$ 1,81 triliun. Korea Selatan menjadi negara dengan perekonomian peringkat 10 dunia.

Sumber: Bank Dunia

Ekspor Korea Selatan pun tidak main-main. Tahun lalu, total ekspor barang Korea Selatan mencapai US$ 683,9 miliar, menurut data Kementerian Perdagangan, Perindustrian, dan Energi negara tersebut. Ini menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah pencatatan.

Produk yang paling banyak diekspor antara lain adalah semikonduktor, produk turunan minyak, dan kendaraan listrik. Korea Selatan menjadi negara eksportir terbesar keenam dunia, naik satu peringkat dibandingkan tahun sebelumnya. Hanya kalah dari China, Amerika Serikat (AS), Jerman, Belanda, dan Jepang.

Tidak hanya barang, ekspor Korea Selatan juga ada yang berwujud non-benda. Salah satu yang mencolok adalah ekspor budaya (cultural export).